Hosted on Photoserver.ws

Related Websites

RECENT POST

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

04 April 2009

MORAMO WATERFALL - SULAWESI TENGGARA


A. Selayang Pandang
Air Terjun Moramo merupakan anugerah alam yang begitu menakjubkan bagi masyarakat Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Air Terjun Moramo memiliki tujuh tingkatan yang merupakan tempat air mengalir dengan bebas. Menurut cerita yang berkembang di dalam masyarakat, tempat tersebut dipercaya sebagai tempat mandinya para bidadari yang turun dari kayangan.

Secara geografis, Air Terjun Moramo terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa yang juga merupakan objek wisata sekaligus sebagai area hutan lindung di Sulawesi Tenggara. Sehingga, udara di sekitar air terjun terasa sejuk serta menghadirkan suasana tentram bagi para wisatawan.

Di kawasan air terjun ini, terdapat potensi kekayaan batu alam berupa marmer. Diperkirakan, kandungan marmer tersebut secara keseluruhan berkisar 860 milyar meter kubik. Dan, marmer di kawasan ini merupakan salah satu sumber cadangan marmer terbesar di dunia.


B. Keistimewaan
Air Terjun Moramo merupakan air terjun bertingkat (cascade) yang indah dengan ketinggian sekitar 100 meter. Dari ketinggian tersebut, air mengalir melewati tujuh tingkatan utama. Di samping 7 tingkatan utama tersebut, terdapat juga 60 tingkatan kecil yang sekaligus berfungsi sebagai tempat penampungan air (semacam kolam air). Dari sekian banyak kolam tersebut, hanya satu yang dapat dimanfaatkan untuk berenang, yaitu kolam yang terletak di tingkat kedua dari 7 tingkatan utama air terjun tersebut.


Di kawasan tersebut merupakan habitat yang ideal bagi beraneka burung, kupu-kupu yang berwarna-warni, dan berbagai satwa lainnya. Keindahan panorama alam, air terjun, kicauan burung yang bersahutan dan berpadu dengan tarian kupu-kupu beraneka warna-warni, menjadi daya tarik kawasan Air Terjun Moramo.


Daya pikat yang tidak kalah menariknya dari air terjun ini adalah pesona bebatuan yang membentuk tingkatan. Bebatuan yang membentuk tingkatan tersebut tidak licin meski dialiri air secara terus menerus, sehingga para wisatawan yang berkunjung ke lokasi tersebut dapat mendaki sampai ke puncak.

Di samping itu, bebatuan tersebut juga memberi pesona yang menakjubkan ketika tersentuh oleh sinar mentari. Bebatuan tersebut akan memancarkan kilauan warna-warni yang didominasi oleh warna hijau yang begitu indah. Warna-warni tersebut juga terlihat seperti menari-nari ketika dibuai lembut oleh riak gelombang air ketika sinar mentari menyentuh bebatuan yang berada di dasar kolam tempat berhentinya air.

C. Lokasi
Air Terjun Moramo terletak di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa atau tepatnya di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Indonesia.

D. Akses
Untuk mencapai lokasi, para wisatawan dapat menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Perjalanan dapat dimulai dari Bandara Walter Monginsidi yang terletak di Kabupaten Konawe Selatan. Dari bandara tersebut, dapat langsung menuju ke kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa tepatnya di tempat pemberhentian akhir kendaraan. Setelah sampai di pemberhentian akhir kendaraan, perjalanan dilanjutkan ke lokasi dengan berjalan kaki sejauh 2 km.


E. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya
Tersedia parkir yang luas di sekitar lokasi bagi para wisatawan yang datang menggunakan mobil pribadi. Bagi para wisatawan yang ingin berenang, tersedia tempat ganti pakaian berupa kamar mandi dan WC. Sementara itu, untuk mendukung kenyamanan bagi para wisawan, disediakan tempat peristirahatan sementara guna melepas lelah.


(noor fadli)wisatamelayu.com
foto : kompas, sulbio, majalah tamasya

0 komentar:

Posting Komentar

Hosted on Photoserver.ws
Web Statistics