Hosted on Photoserver.ws

Related Websites

RECENT POST

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

02 Mei 2009

DANAU RANAU - SUMATRA SELATAN



“Ada dua tempat di dunia ini yang saya anggap paling indah. Pertama adalah suatu tempat di New Zealand saat salju mulai turun dan yang kedua adalah disini, di Lumbok Danau Ranau”. Itulah ungkapan yang spontan keluar dari Mr. Bob Harvey, wisatawan dari Inggris yang datang bersama rombongan Hash House Harrier pada acara Jungle Run di Seminung Lumbok Resort tempo hari. Rasanya ungkapan ini tidaklah terlalu berlebihan mengingat Danau ini bagaikan surga yang tersembunyi di tengah rimbunnya hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Itulah Danau Ranau yang terletak di Desa Lumbok Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat. Danau ini banyak diminati wisatawan karena keindahan alamnya, udaranya yang segar dan alami, bahkan tak sedikit wisatawan yang jatuh hati melihat kehidupan masyarakatnya yang masih kental dengan budaya tradisional, sesuatu yang sangat jarang kita jumpai di tengah hiruk pikuknya kota.

Ranau adalah Danau Vulkanik, cekungannya terbentuk karena letusan Gunung Seminung, sebuah gunung berapi yang kini hanya menyisakan lerengnya, sebab bagian puncaknya telah hancur dan kini berubah menjadi danau. Tapi sebagaimana halnya dengan obyek wisata lainnya, tentu asal usul Danau Ranau tak lepas dari Legenda. Danau Ranau terbentuk oleh kisah Pohon Ranau.

Sepanjang perjalanan menuju Kawasan Wisata Seminung Lumbok Resort Anda akan menjumpai hamparan perkebunan holtikultura seperti kol, tomat, wortel, dll yang diselingi perkebunan kopi rakyat dan areal persawahan. Sebagian besar masyarakat Lampung Barat bermata pencaharian dari sektor perkebunan kopi dan hortikultura, maka tak heran holtikultura dan palawija yang ada di Propinsi Lampung disuplai dari daerah ini.


Sesaat sebelum tiba di Seminung Lumbok Resort, kita akan melewati Bukit Johor, dari ketinggian kita dapat melihat langsung Danau Ranau secara keseluruhan. Di Bukit inilah Pemerintah Kabupaten Lampung Barat sebagai pengelola Kawasan Wisata mengembangkan Wisata Dirgantara Paralayang. Bagi wisatawan yangg menyukai Paralayang, dapat menyewa peralatan yang memang sudah dipersiapkan. Dari ketinggian kita bisa berkeliling menyaksikan keindahan panorama ke bawah dilatari wajah tenang Danau Ranau. Bagi yang takut ketinggian pun tidak perlu khawatir, karena disana akan dipersiapkan tempat untuk sekadar duduk-duduk sambil menghirup udara yang segar terasa membersihkan paru paru.

Di tepi danau saat ini telah dibangun shelter untuk bersantai dan dermaga bagi wisatawan yang ingin menyewa perahu untuk berkeliling danau dan mandi air panas (hot spring) yang letaknya tidak jauh dari lokasi hotel. Kelengkapan fasilitas kamar pun tak luput dari perhatian pihak pengelola. Saat ini seluruh kamar telah dilengkapi dengan sarana standar hotel berbintang seperti tv, ac, dan kulkas. Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, tidak perlu khawatir mereka akan merasa bosan, sebab di pelataran hotel telah dipersiapkan arena bermain anak seperti komidi putar, bianglala, dll.

Tips Perjalanan

Jika ingin berekreasi ke Seminung Lumbok Resort, tidak terlalu sulit. Bila Anda berasal dari Pulau Jawa dan menggunakan moda transportasi udara, dari Bandara Radin Inten II Anda bisa langsung mencarter mobil minibus travel yang biasa mangkal di depan Bandara. Anda tinggal menyebutkan tujuan ke Seminung Lumbok Resort, Lampung Barat dan tinggal bernegosiasi. Atau jika ingin naik Bus, Anda langsung ke Terminal Rajabasa lalu naik bus jurusan Ranau turun di Way Tanding. Dari Pertigaan Way Tanding, naik kendaraan umum (angkot) menuju Hotel Seminung. Alternatif lainnya bila tak ingin repot Anda dapat mengatur jadwal liburan Anda menggunakan Jasa Travel Agent yang sudah bekerjasama dengan pihak hotel seperti Arie Tour, Elendra Tour, dll.

souce: majalah travel klub
foto: google image, Guntara

0 komentar:

Posting Komentar

Hosted on Photoserver.ws
Web Statistics