Hosted on Photoserver.ws

Related Websites

RECENT POST

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

30 Maret 2009

TRAITOR

Pemain: Don Cheadle, Guy Pearce, Jeff Daniels

Saat Roy Clayton (Guy Pearce) ditugaskan FBI untuk menyelidiki sebuah persekongkolan internasional, ia menemukan bukti-bukti bahwa Samir Horn (Don Cheadle), seorang pria keturunan Sudan, memiliki keterkaitan dengan masalah ini.

Samir Horn adalah mantan tentara AS yang sempat ditugaskan di bagian Special Operation dan memiliki koneksi dalam jaringan organisasi teroris di seluruh dunia. Samir beberapa kali terlihat di lokasi saat FBI beraksi dan makin menguatkan kecurigaan FBI akan keterkaitan pria misterius ini.

Sebuah tim yang terdiri dari beberapa agent dari FBI, CIA dan agency lain pun dibentuk. Dari hasil penyelidikan, tim ini kemudian berhasil mengaitkan Samir dengan pembobolan penjara di Yaman, peristiwa pengeboman di Nice dan peristiwa penyerangan yang terjadi di London. Namun beberapa bukti yang ada malah membuat Roy Clayton menjadi ragu. Roy mulai mempertanyakan apakah Samir hanyalah seorang mantan serdadu yang kecewa atau ada skenario yang lebih rumit lagi.

Film ber-genre espionage thriller ini dibuat berdasarkan ide dari Steve Martin yang juga menjadi produser dari film ini. Jeffrey Nachmanoff yang menuangkan ide ini menjadi naskah kemudian dipercaya untuk menyutradarai film ini juga.

Walaupun masih bisa dimasukkan ke dalam genre thriller, namun sebenarnya film berjudul TRAITOR jauh lebih rumit dari itu. Ada konflik batin yang coba dituangkan sang sutradara dan penulis naskah dalam film berdurasi 114 menit ini. Meski tak sepenuhnya dapat diungkap, namun setidaknya ada satu sudut pandang yang cukup menarik dari film ini. Sayang ada beberapa keganjilan yang jadi mengurangi nilai lebih tadi.

Hampir sepanjang durasi film, motif tokoh Samir Horn tak benar-benar jelas. Ada kontradiksi dalam diri karakter ini yang pada titik tertentu membuat penonton jadi kehilangan orientasi pada tokoh ini. Misalnya saja motif sang tokoh utama ini bergabung dengan militer Amerika Serikat jadi agak membingungkan saat melihat masa lalu pria ini. Ini jadi semakin rumit ketika tokoh Samir kemudian bergabung dengan teroris dan sempat menebar kengerian di daratan Amerika.

Untungnya, akting Don Cheadle yang memerankan Samir Horn sama sekali tak bisa dianggap enteng. Bila Anda sudah menonton trilogi OCEAN atau HOTEL RWANDA, pasti Anda sudah tahu kualitas akting pria berusia 44 tahun ini. Don mampu mentransfer kegalauan jiwa Samir menjadi ekspresi wajah dan tutur kata dan membuat TRAITOR ini jadi sebuah tontonan yang memuaskan. Soal siapa yang menjadi TRAITOR (pengkhianat) bisa jadi akan banyak versi karena film ini memutuskan untuk tak mengadili pihak mana pun.

kapanlagi.com

0 komentar:

Posting Komentar

Hosted on Photoserver.ws
Web Statistics