Hosted on Photoserver.ws

Related Websites

RECENT POST

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

05 Maret 2009

STREET FIGHTER : THE LEGEND OF CHUN - LI

Pemain: Kristin Kreuk, Neal McDonough, Chris Klein, Michael Clarke Duncan, Taboo, Robin Shou, Moon Bloodgood

Chun-Li (Kristin Kreuk) sebenarnya tak pernah bercita-cita menjadi seorang petarung. Ia tumbuh dalam sebuah keluarga bahagia bersama kedua orang tuanya. Chun-Li ingin suatu saat nanti ia bisa menjadi seorang pianis dalam sebuah orkestra. Sayangnya, tak semua cita-cita dapat terpenuhi.

Xiang (Edmund Chen), ayah Chun-Li harus pindah ke Hong Kong dan ini menjadi awal yang menentukan masa depan Chun-Li. Suatu hari, Xiang didatangi Bison (Neal McDonough) yang memaksa Xiang bekerja untuknya. Meski berusaha melawan, namun Xiang bukanlah tandingan Bison dan anak buahnya. Dengan harapan bisa menyelamatkan keluarganya, Xiang kemudian mengikuti kemauan Bison.

Bertahun kemudian, Chun-Li mendapat sebuah kiriman berisi sebuah manuskrip yang ditulis dalam huruf China kuno. Chun-Li yang merasa tak lagi memiliki siapa-siap sejak meninggalnya ibunya kemudian memutuskan berangkat ke Bangkok atas saran seorang wanita tua yang mengatakan bahwa ia harus menemukan pria bernama Gen (Robin Shou) setibanya di Bangkok nanti.

Ternyata keberangkatan Chun-Li ke Bangkok ini menjadi sebuah petualangan berbahaya yang ada sangkut pautnya dengan Bison dan hilangnya Xiang, ayahnya. Masalahnya, Bison dikelilingi banyak tukang pukul yang tak bisa disingkirkan dengan mudah. Untungnya, Chun-Li tak sendiri. Ada Gen dan dua detektif yang juga berusaha membekuk Bison yang memang terlibat serangkaian tindakan kejahatan.

Serangan terjadi disepanjang jalan kota Bangkok. Mereka adalah prajurit dimana diantara mereka memiliki kelebihan yang luar biasa, dan semuanya ditugaskan untuk mengalahkan lawan. Saat ini mereka bersiap-siap untuk pertempuran puncak – terror melawan keindahan, cahaya melawan kegelapan, kebaikan melawan kejahatan

Prajurit kegelapan dipimpin oleh Bison (Neal McDonough), seorang penjahat dengan kekuatan terbatas dengan masa lalu yang penuh rahasia. Sindikatnya, Shadaloo mengambil alih wilayah kumuh di kota Thailand, yang disaksikan oleh Balrog (Michael Clarke Duncan), pembunuh handal. Prajurit Bison lainnya, Vega (Taboo – salah satu personil The Black Eyed Peas), petarung bertopeng.

Sepanjang sejarah dunia perfilman, game adalah salah satu sumber cerita yang sering kali diangkat ke layar lebar selain novel dan komik. Tak sedikit game yang sudah diangkat ke layar lebar termasuk Street Fighter. Beberapa mendapat pujian dari para fans game dan film sementara yang lain malah dicaci maki oleh penggemar versi game-nya. Tapi terlepas dari ketaatan pada sumber aslinya, film adalah sebuah media seni yang layak dinilai secara terpisah.

Saat STREET FIGHTER: THE LEGEND OF CHUN-LI ini dilepas tanpa proses screening oleh para kritikus, muncul dugaan bahwa film ini tak terlalu berkualitas. Biasanya orang film memang skip proses yang satu ini untuk menghindari jatuhnya performa film di pasar. Dan dalam kasus STREET FIGHTER: THE LEGEND OF CHUN-LI ini sepertinya keputusan itu beralasan.

Alur cerita film ini cenderung datar dan mudah ditebak. Tak ada twist yang membuat penonton menebak-nebak akhir dari cerita. Yang ada hanyalah alur sederhana tentang kisah balas dendam yang sebenarnya sudah mulai basi. Di sisi lain, akting para pemainnya juga tergolong pas-pasan dan tak ada karakter yang benar-benar terlihat hidup. Ini memang tak mengherankan karena film laga seperti ini biasanya hanya mengunggulkan visual saja.

Celakanya, dari sisi visual pun tak banyak yang bisa diunggulkan. Koreografi tarung terkesan biasa-biasa saja sementara visual effect yang digunakan juga tak terlalu memukau. Barangkali yang cukup menjadi hiburan justru adalah lokasi syuting di Bangkok yang sedikit jadi pelepas lelah saat penonton mulai bosan dengan pemandangan dunia Barat yang memonopoli kebanyakan film.

kapanlagi.com, 21cineplex.com

0 komentar:

Posting Komentar

Hosted on Photoserver.ws
Web Statistics