Hosted on Photoserver.ws

Related Websites

RECENT POST

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

09 Februari 2009

RANU KUMBOLO - SEMERU, JAWA TIMUR


Ranu Kumbolo terletak di Jawa Timur, sebuah danau di pegunungan Semeru dengan ketinggian 2500 meter diatas permukaan air laut dengan luas 14 ha.. Untuk mencapai danau yang amat indah ini, Anda akan melalui desa Ranu Pane (2.100 m) yang merupakan desa terakhir dan tempat pemeriksaan serta pos untuk melapor bagi para pendaki.

Disini terdapat pondok pendaki untuk bermalam dan beristirahat. Ranu Pane mempunyai penduduk sekitar 60 orang yang merupakan perkampungan kecil, pekerjaan mereka kebanyakan bertani sayur-sayuran. Dari desa Ranu Pane menuju danau Ranu Kumbolo melalui jalan setapak yang jaraknya kira-kira 13 km serta memakan waktu perjalanan sekitar 3-4 jam.

Di Ranu Kumbolo dapat mendirikan tenda. Juga terdapat pondok pendaki (shelter). Terdapat danau dengan air yang bersih dan memiliki pemandangan indah terutama di pagi hari dapat menyaksikan matahari terbit disela-sela bukit. Banyak terdapat ikan, kadang burung belibis liar

Luar biasa sekali pemandangan di daerah ini, dengan ketinggian 2.400 m dari permukaan laut, Ranu Kumbolo memiliki pemandangan yang sangat indah terutama di pagi hari saat matahari baru terbit ataupun sore hari saat matahari terbenam. Siap-siap untuk membawa jaket tebal bila tertarik untuk bermalam disini, karena suhunya dingin sekali.


source : bentoel-biru
foto : nadhiv, bactiarhakim

0 komentar:

Posting Komentar

Hosted on Photoserver.ws
Web Statistics