Hosted on Photoserver.ws

Related Websites

RECENT POST

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

13 Februari 2009

COBAN TALUN - MALANG

Coban Talun terletak di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Kondisi jalan meunju lokasi sudah bukan berupa aspal mulus, melainkan jalan berbatu namun masih cukup aman untuk dilewati kendaraan roda empat bergardan rendah. Setelah melewati gerbang lokasi wisata, kondisi jalan berganti menjadi jalan tanah dan pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di berbagai sudut areal parkir yang beralaskan rumput.

Dari lokasi parkiran, diperlukan jalan kaki kurang lebih 1 km, melintasi hutan dan sungai yang ternyata merupakan bagian atas dari air terjun. Air terjun itu sendiri terletak didasar tebing sungai dan untuk mencapainya harus melewati sebuah jalan tanah berkelok-kelok disisi tebing. Kondisi jalan setapak tersebut cukup curam dan karena hanya terbuat dari tanah maka bisa dipastikan akan sangat licin saat hujan tiba. Beberapa bagian jalan malah sudah hilang trap/undakan tangga tanahnya, berubah menjadi lereng tanah curam yang membutuhkan perhatian ekstra agar tidak tergelincir atau terperosok saat melintasinya.

Sesampainya didasar tebing, berbagai batu besar berwarna putih nampak mendominasi isi sungai. Dasar air terjun yang ada letaknya tersembunyi dibalik bongkahan batu besar. Perlu perjuangan tersendiri untuk melewati batu-batu besar tersebut, mengingat terkadang jarak antara batu-batu tersebut dipisahkan oleh tebing batu yang meskipun tidak tinggi namun cukup curam untuk dilompati.

Namun membawa anak-anak kelokasi ini, merupakan hal yang perlu dipertimbangkan lagi, dikarenakan curam dan kondisi jalan tebingnya yang tidak bagus akan menjadi hambatan tersendiri, terutama saat perjalanan baliknya. Dengan kondisi jalan yang bisa dibilang buruk tersebut effort untuk mendaki jadi lebih sulit, bahkan tak jarang pendakian dilakukan dengan jalan merangkak agar tidak tergelincir. Sehingga bila membawa anak-anak dikuatirkan akan mengalami kerepotan untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan anak-anak saat mendaki tebing tersebut dalam perjalanan balik ke lokasi parkir.


source : wisataindonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar

Hosted on Photoserver.ws
Web Statistics