Hosted on Photoserver.ws

Related Websites

RECENT POST

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

27 Februari 2009

AJAX 1 - 1 FIORENTINA

Ajax Amsterdam berhasil menahan imbang Fiorentina 1-1 pada leg kedua babak 32 besar Piala UEFA di Stadion Amsterdam Arena, Kamis atau Jumat (27/2) dini hari WIB. Pada laga itu, tuan rumah sempat tertinggal 0-1 setelah Alberto Gilardino membobol jala Kenneth Vermeer. Keadaan ini bertahan hingga Ajax mengimbangi kedudukan menjadi 1-1 melalui Leonardo.

Hasil imbang ini membuat Fiorentina tersingkir karena kalah agregat 1-2. Seperti diketahui, pada laga pertama, Ajax mencatatkan kemenangan 1-0 di kandang Fiorentina.

Dengan demikian, tiga klub Italia tersingkir. Sebelumnya, Sampdoria disingkirkan Methalist sedangkan AC Milan yang sangat difavoritkan juara, juga tersingkir setelah ditahan Werder Bremen 2-2. Kini, tinggal tinggal Udinese yang menjadi wakil Italia di Piala UEFA.

Pada leg kedua itu, kedua tim saling menjajaki babak pertama dengan melakukan sejumlah tendangan spekulasi. Babak pertama pun berlalu begitu saja tanpa gol. Mungkin saja, kedua tim sulit menyerang karena tim lain tak segan melanggar keras lawan. Tercatat, selama 45 menit pertama, lima kartu kuning keluar dari saku wasit Stefan Johannesson, tiga untuk Fiorentina dan dua untuk Ajax.

Memasuki babak kedua, Fiorentina tampil lebih dominan dengan permainan umpan silang yang dimotori Franco Semioli. Pada menit ke-47, sebuah umpan silang Franco Semioli disambut tandukan tepat ke gawang oleh Alessandro Gamberini. Namun, refleks kiper Kenneth Vermeer masih mampu menggagalkan usaha "La Viola".

Tekanan Fiorentina akhirnya menghancurkan benteng Ajax pada menit ke-61 melalui Alberto Gilardino. Gol bermula dari pergerakan Adrian Mutu di sisi kanan lapangan permainan. Mutu kemudian melepas umpan datar kepada Gilardino yang berdiri di tengah. Gila kemudian melepas tendangan kaki kanan yang gagal dihalau Vermeer.

Melalui Semioli, Fiorentina kembali mengancam gawang Vermeer dengan tendangan penjurunya pada menit ke-67. Namun, dengan tangkas, Vermer maju menyongsong bola dan meninjunya. Bola kemudian dibuang ke tengah lapangan oleh Vermaelen.

Pada menit ke-69, Miralem Sulejmani dipercaya melakukan tendangan penjuru dari pojok kanan. Alur bola yang melengkung meluncur ke gawang Sebastian Frey. Dengan sigap, Frey keluar dari sarang dan membuang bola. Per Kroldrup membuang bola itu ke tengah.

Demi menjaga keunggulan, Cesare Prandelli menarik Semioli dan memainkan Martin Jorgensen pada menit ke-68. Berbeda dengan Fiorentina yang mulai bermain aman, Marco Van Basten meningkatkan tensi serangan dengan memasukkan penyerang Leonardo menggantikan Lidgren pada menit ke-70.

Melihat lawan meningkatkan serbuan, Prandelli menyegarkan lini tengah dengan menarik Marco Donadel dan memasukkan Sergio Almiron pada menit ke-72. Pada menit ke-79, Van Basten kembali mengusahakan peningkatan serangan. Kali ini dengan memasukkan gelandang Vurnon Anita menggantikan Gabri.

Pergantian ini membuat permainan Ajax lebih bervariasi. Hingga akhirnya pada menit ke-88, Ajax berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui Leonardo.

Dengan satu menit tersisa, Prandelli mengusahakan serangan dengan memainkan Stevan Jovetic menggantikan bek Luciano Zauri. Sayang, perubahan ini tak membuahkan apa-apa hingga peluit panjang berbunyi.



Ajax: Vermeer, Van Der Wiel, Oleguer, Vertonghen, Vermaelen; Gabri (Anita 77), Lindgren (Leonardo 70), Enoh, Emanuelson; Sulejmani (Alderweireld 92), Suarez

Fiorentina: Frey; Zauri (Jovetic 89), Gamberini, Kroldrup, Pasqual; Donadel (Almiron 72), Montolivo, Melo, Semioli (Jorgensen 68); Gilardino, Mutu

Ref: Johannesson (Swe)

source : kompas


0 komentar:

Posting Komentar

Hosted on Photoserver.ws
Web Statistics