Hosted on Photoserver.ws

Related Websites

RECENT POST

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

28 Agustus 2012

'CINTA SUCI ZAHRANA', Motivasi Wanita Berprestasi Mencari Cinta Sejati



Pemain: Meyda Sefira, Amaroso Katamsi, Rahman Yacob, El Manik, Kholidi Asadil Alam,


Dewi Zahrana (Meyda Sefira) atau akrab dipanggil Rana, adalah seorang perempuan sekaligus dosen berprestasi di Universitas Mangunkarsa, Semarang yang megajarkan ilmu arsirektur. Namun semua jerih payah dan prestasi membanggakan Zahrana sedikitpun tidak membuat kedua orang tuanya bangga, terutama ayahnya yang bernama Munajat (Amaroso Katamsi). 

Pak Munajat berpesan kalau ia tidak lagi membutuhkan sederetan piagam penghargaan internasional dari anak semata wayangnya tersebut, melainkan melihat Zahrana bersanding di pelaminan dan dapat segera menimang cucu. Zahrana yang sudah menginjak usia 34 tahun kemudian menghadapi masalah pelik, ketika seorang lelaki setengah baya bernama H. Sukarman, M.Sc. (Rahman Yacob) dekan Fakultas Teknik dan Arsitektur Universitas Mangunkarsa datang untuk menyuntingnya. Lantaran pak Karman berstatus duda, genit dan suka main perempuan, Rana akhirnya terpaksa menolak lamaran tersebut.

Penolakan yang dilakukan oleh Rana ternyata berbuntut panjang dan membuat pak Karman murka terhadapnya. Rana diancam akan dipecat sebagai dosen di Universitas Mangunkarsa, jika dirinya tetap tidak mau menerima lamaran pak Karman. Namun Zahrana tetap tegas bersikap, meskipun ia sudah dianggap sebagai perawan tua, bukan berarti dia bisa asal untuk menikah. Sampai suatu hari, teman Zahrana yang bernama Lina (Faradina) mengajaknya untuk meminta bantuan pada Kyai Amir Shadiq (El Manik) untuk dicarikan jodoh yang shalih. Darisanalah Zahrana akhirnya bertemu dengan pemuda penjual kerupuk bernama Rahmad (Kholidi Asadil Alam). Walaupun latar belakang pendidikannya jauh lebih rendah, namun Rana ikhlas menerimanya. Tetapi saat akad nikah sudah di depan mata, Rahmad meninggal secara tragis disusul dengan kematian sang ayah.

Setelah sukses merilis Ketika Cinta Bertasbih 2 (2009) dan Dalam Mihrab Cinta (2010), rumah produksi Sinemart kini kembali merilis film religi terbarunya yang juga hasil adaptasi novel laris karya Habiburrahman El Shirazy berjudul Cinta Suci Zahrana. Seperti pada umumnya, film religi dikenal memiliki banyak kandungan dakwah atau pesan positif yang terkandung didalamnya. Namun kali ini, Cinta Suci Zahrana menawarkan kisah inspiratif mengenai seorang wanita yang berprestasi secara akademik dan karir, tapi kurang beruntung dalam hal mencari jodoh.

Tak dipungkiri, hal seperti itu banyak terjadi di keseharian kita dan pada akhirnya memunculkan sindiran yang tidak enak didengar seperti status 'perawan tua'. Namun di sisi lain, film ini seakan mencoba untuk mengembalikan nilai-nilai luhur yang dianggap telah sirna dikehidupan modern ini dimana penilaian seseorang akan lebih baik diukur dari sisi rohaninya ketimbang materi.

Walau termasuk film bergenre drama religi, bukan berarti cerita dari Cinta Suci Zahrana akan penuh dengan kisah-kisah yang berdurai air mata. Unsur komedi yang segar di film ini juga cukup banyak ditampilkan melalui perilaku sederhana dan keluguan orang-orang di pedesaan sekitar rumah Zahrana. Hal itu sepertinya dilakukan untuk memainkan emosi penonton agar lebih berfariasi dan tidak datar sebatas drama melankolis. Racikan ini sepertinya berhasil membawa nuansa baru yang segar untuk film religi, karena inti pesan di layar lebar tersebut masih tetap bisa diterima dengan sangat baik dan tidak membuat rancu.

Secara keseluruhan, kisah dari Cinta Suci Zahrana sangatlah inspiratif dan relevan dengan kehidupan kita sehari-hari. Film tersebut juga sukses menyampaikan pesan tentang pentingnya peran keluarga dan teman serta tidak mengenal putus asa dalam menghadapi ujian Tuhan. 'Motivasi' mungkin menjadi salah satu kata yang tepat untuk menggambarkan inti dari film garapan sutradara H. Chaerul Umam kali ini.

Siapakah yang nantinya menjadi jodoh Zahrana? jawabnya hanya bisa disaksikan dengan menonton film Cinta Suci Zahrana yang dijadwalkan rilis di bioskop pada tanggal 15 Agustus 2012.





0 komentar:

Posting Komentar

Hosted on Photoserver.ws
Web Statistics